Manajemen Sumber Daya

Management Sumber Daya

Prosedur sumber daya manusia merupakan prosedur yang harus ada pada implementasi ISO 9001:2008. Prosedur ini merupakan pekerjaan HRD dari sebuah perusahaan, mengetahui latar belakang pendidikan maupun data diri setiap karyawan.
                Prosedur SDM berkaitan dengan klausul ke 6 sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 :
6.1 Penyedian Sumber Daya
                Ini berkaitan dengan tatacara penyedian sumber daya manusia
6.2  Sumber daya manusia
                Pada poin 6.1 ini Sistem manajemen mutu meminta pengukuran kompetasi karyawan, dari kompetensi akan lahir training apa yang dibutuhkan.
Kompetensi adalah keterampilan dan kualifikasi, Sebuah lisensi, sertifikat yang dapat dianggap suatu kompetensi. Sebuah catatan tentang kompetensi karyawan harus dimiliki, jika belum memiliki maka bisa mencari tahu dengan mengumpulkan informasi tentang karyawan tersebut dan menyimpan dalam catatan.
Mengidentifikasi kebutuhan training dilakuan dengan mengalisa kesenjangan yang ada dengan kebutuhan training, seperti di perusahaan belum ada yang bisa develop web sebagai media promosi, maka bisa membuat training develop website dengan mendatang tentor yang ahli dari luar sebagai trainer.
Meninjau JoBdes
Hal ini sangat penting dilakukan karena berisi tentang peran dan tanggung jawab dan memberikan informasi tentang persyaratan pendidikan atau kompetensi tertentu agar berhasil melakukan pekerjaan tersebut.
6.3  Infrastruktur
Tugas dari GA tercakup didalam manajemen sumber daya. Infrastruktur disusun semua daftar inventaris, jadwal perawatan, permintaan perbaikan, permintaan pembelian.
6.4 Lingkungan kerja

Dalam system manajemen mutu iso 9001 : 2008 tidak mensyaratkan lingkungan kerja yang ber AC, tetapi lingkungan kerja yang nyaman dan tidak menyebabkan gangguan kepada panca indra. Seperti lingkungan kerja yang bising maka harus menggunakan alat pelindung pendengaran.